Pendidikan

Disdik: Pembelajaran Tematik Jangan Beratkan Wali Murid

Disdik: Pembelajaran Tematik Jangan Beratkan Wali Murid

Disdik Pembelajaran Tematik Jangan Beratkan Wali Murid

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor memastikan pembelajaran tematik dilarang

memberatkan wali murid. Sebab, jika ada sekolah yang memberatkan siswa dalam pendanaan pembelajaran tematik, maka pihak Disdik akan memanggil pihak sekolah yang bersangkutan. Hal itu seperti yang diungkapkan Kabid SD Disdik Kota Bogor, Maman Suherman.

“Kalau ada kita akan panggil yang bersangkutan untuk diberikan arahan, mengingat

untuk pendanaan bisa dilakukan secara subsidi silang, artinya orang tua yang mampu bisa menyumbang lebih untuk menutupi kekurangan dari orang tua yang tidak mampu,” kata Maman.

Menurutnya, memang tujuan dari pembelajaran tematik ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajar, terutama untuk mengimbangi padatnya kurikulum. Akan tetapi, jika pembelajaran tematik ini dilakukan sampai ke luar kota, itu harus melalui proses rapat dan persetujuan orang tua peserta didik. “Harus melalui rapat dulu agar tidak memberatkan, terutama dalam hal pendanaan,” ingatnya.

Disisi lain, Maman menjelaskan, untuk pembelajaran tematik itu memang harus di implementasikan

sesuai amanat Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum SD/MI. Tetapi, kegiatan ini tidak harus melulu di lakukan ke luar kota. Karena, di Kota Bogor sendiri banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran tematik. “Seperti hal nya jalur pedestarian dan SSA di Kota Bogor, bisa menjadi destinasi pembelajaran tematik, karena banyak hal yang bisa dipelajari disekitar area tersebut,” ujarnya.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/