Pendidikan

GURU DI BOGOR RAMAI-RAMAI AMBIL CUTI TAHUNAN

GURU DI BOGOR RAMAI-RAMAI AMBIL CUTI TAHUNAN

GURU DI BOGOR RAMAI-RAMAI AMBIL CUTI TAHUNAN

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menduduki jabatan guru di Kota Bogor ramai-ramai mengambil cuti tahunan.

Berdasarkan Peraturan Pemerin­tah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, liburan disamakan dengan PNS yang telah menggunakan hak cuti tahunan.

”Jadi, guru merupakan profesi yang unik, karena beban atau tugas kerjanya tergan­tung kalender pendidikan,” terang pemer­hati pendidikan Kota Bogor Flora E Loren­tina saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Jika kalender pendidikan menunjukkan libur, maka siswa dan guru ikut libur.

Akan tetapi bila membaca PP tersebut, bagi guru yang mengambil liburan pada libur sekolah, sama dengan mengambil cuti tahunan bagi PNS.

“Kalau dihitung dengan ketentuan jum­lah jam pelajaran yang menurut aturan guru maksimal mengajar sebanyak 24 jam/minggu. Tapi, jumlah jam tersebut ada yang terpenuhi dan ada juga yang tidak terpenuhi,” bebernya.

Hal ini tergantung mata pelajaran yang tidak dapat terpenuhi. Itu biasanya ter­jadi bagi guru jenjang SMP dan SMA dan SMA yang menggunakan pendekatan mata pelajaran. “Bagi guru sekolah dasar hal itu relatif tidak menjadi masalah,” ka­tanya. Flora mengungkapkan, ketentuan libur tidak serta merta berlaku bagi semua guru. Ada sebagian daerah yang menya­takan saat siswa libur guru tetap harus datang ke sekolah dengan alasan yang libur itu siswa.

Sementara itu, Kepala Bidang Peng­embangan Karier (Bangrir) pada Badan Kepegawaian

Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor Hidayat membenarkan jika para guru yang liburan telah mengambil hak cuti tahunannya. “Mereka liburan, berarti sudah mengambil hak cutinya, jadi tidak masalah,” tuturnya.

Hidayat menjelaskan, cuti diberikan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang dapat didelegasikan sebagian wewenang kepada pejabat di lingkungannya untuk memberikan cuti, kecuali ditentukan lain dalam PP atau peraturan perundang-undangan lainnya.

“Jadi, untuk cuti tahunan PNS dan calon PNS yang telah bekerja paling kurang 1 tahun secara terus-menerus berhak atas cuti tahunan,” tukasnya.

 

Baca Juga :