Pendidikan

Install Java di USB

Install Java di USB

Install Java di USB

Iseng-iseng surfing kesana kemari

saya menemukan yang aneh tentang java. Bukan cara membuat program atau teknik pemrograman java lainnya, tapi lebih kepada pemanfaatan portabilitasnya di media penyimpanan selain hardisk. JDK yang biasa kita gunakan sebagai development kit dalam pembuatan dan pengembangan program java, ternyata juga bisa kita install di USB.

Untuk instalasi, hanya dibutuhkan USB berkapasitas minimal 512MB untuk instalasinya, karena menurut pengalaman saya hasil instalasi JDK di Hardisk kurang lebih sekitar 270MB untuk versi JDK 6 update 16..

Proses dan langkah-langkah instalasi pada dasarnya sama, hanya merubah lokasi dimana JDK akan kita install saat konfigurasi setup ditambah sedikit script agar komputer yang kita pakai nanti mengenal lokasi JDK dari flashdisk kita. Untuk lebih jelasnya, saya akan coba untuk memberikan sebuah contoh dengan langkah-langkah instalasinya.

Langkah awal sama seperti instalasi JDK pada umumnya. Jalankan file setup JDK, jika belum ada bisa download disini, saran saya pilihlah versi yang terbaru.

 

Anda akan disuguhkan dengan License Agreement dari JDK

silahkan jika ingin membaca sampai habis. Jika sudah puas, klik Accept.

Kemudian Anda akan diminta untuk memilih lokasi dimana akan menyimpan hasil instalasi JDK. Jangan langsung memilih next, klik pilihan Change… yang ada di bagian kanan bawah.

Kemudian pilih lokasi tujuan instalasi menjadi lokasi dari USB, untuk memudahkan buat folder baru dengan nama java.

Setelah itu klik OK, kemudian next dan proses instalasi akan dimulai. Proses ini akan memakan waktu lebih cepat lama dari pada instalasi biasa di hardisk dikarenakan perbedaan kecepatan baca tulis dari flashdisk tidak lebih besar dari hardisk.

[Image]

 

Setelah proses instalasi selesai, buka Windows command

prompt dari menu START -> Programs -> Accessories -> CommandPrompt, atau START -> Run -> cmd -> OK.

Di cmd, ketikkan H: untuk berpindah ke drive USB (ganti H dengan karakter dari lokasi drive USB Anda). Pastikan Anda sudah benar-benar berada di direktori USB tempat Anda meng-install JDK.

Bila sudah yakin, ketikkan notepad js.bat dan jendela notepad akan muncul. Sebelumnya Anda akan diminta konfirmasi, pilih Yes untuk membuat file baru dengan nama js dan ekstensi .bat di USB Anda.

Kemudian ketikkan script berikut ini
set Path=\java\bin;%Path%

Sesuaikan \java\bin dengan lokasi folder \bin dari JDK yang sudah ter-install di USB Anda. Pastikan alamat yang Anda ketik sudah tepat, karena jika masih salah akan menyebabkan komputer yang Anda gunakan nanti tidak akan mengenal java di USB Anda. Jangan lupa untuk menyimpan file js.bat tersebut, kemudian tutup notepad.

Buka kembali command prompt, atau gunakan yang sudah terbuka. Pindah ke drive USB seperti langkah sebelumnya, kemudian ketikkan js lalu tekan Enter. Untuk melihat apakah instalasi berhasil, ketikkan javac kemudian tekan enter dan Anda akan disajikan dengan opsi-opsi penggunaan dari compiler.

Proses instalasi selesai sampai tahap ini…

Untuk menggunakan Java yang ada dalam USB Anda di komputer lain tentunya dengan sistem operasi windows, yang harus Anda lakukan hanyalah menjalankan file js.bat seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/