Pendidikan

Kini Bermunculan Boy & Girlband

Kini Bermunculan Boy & Girlband

Kini Bermunculan Boy & Girlband

K-Pop atau Korean Pop adalah jenis musik yang paling populer saat ini yang berasal dari Korea Selatan atau Negeri Ginseng. K-Pop bukan lagi hanya milik orang Korea saja, namun K-Pop kini sudah merambah ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia K-Pop mulai berkembang pesat menjelang akhir 2010. Kini musik K-Pop sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penggemar musik K-Pop di Indonesia.

Bahkan akibat demam musik K-Pop, kini muncul Boyband dan Girl Band yang menirukan gaya dan musik K-Pop. Beberapa Boyband yang sudah terkenal di Indonesia seperti Super Nine Boys, Smash, XO Nine, Max5 dll. Sementara untuk Girl Band ada Cherry Belle, 7 Icon, Kilau, 5 Bidadari, G String dan masih banyak lagi yang lain. Sebenarnya masih banyak lagi Boyband dan Girlband Indonesia yang muncul akibat pengaruh K-Pop.

Bahkan banyak yang beranggapan bahwa Boyband dan Girlband Indonesia terlalu meniru gaya K-Pop! Apakah ini akibat dari begitu kuatnya pengaruh musik K-Pop atau bukan, namun sepintas memang tidak bisa dipungkiri. Bahkan Ayu Ting Ting yang notabene adalah seorang penyanyi dangdut kini tiba-tiba menyisipkan gaya-gaya Korean Pop pada musiknya.

Sebelumnya yang perlu menjadi catatan penting kenapa kemudian gaya bermusik K-Pop sendiri banyak digemari dan bahkan dijadikan patokan oleh selebriti Indonesia, antara lain yaitu :
1. Penduduk Indonesia memiliki budaya ‘latah’ yang tidak bisa dihindarkan untuk kita akui. Kesuksesan satu warnet akan memberikan peluang usaha untuk ratusan warnet yang baru. Begitu juga kesuksesan musik K-Pop akan membuat para pakar industri menampilkan hal yang serupa untuk mendapatkan keuntungan. Seperti kemunculan boyband Smash, S9B dan sebagainya. Lebih lagi media hiburan saat ini sangat memberikan pengaruh dengan munculnya program musik di setiap harinya. (Majalah Asian look, halaman 66, Volume 14).

2. Kemajuan teknologi yang tidak memberikan batasan jarak. Sehingga bisa melihat langsung seperti apa perkembangan musik K-Pop yang selalu gencar bermain di dunia maya, lebih lagi dengan keuntungan aliran musik K-Pop banyak pula artis-artis dari Indonesia yang kemudian menyuguhkan musik yang sama, sehingga masyarakat terus disuguhkan pada satu aliran musik. ( Majalah Asian Hits, hal 14, Volume 4, Suka Bigbag gara-gara Heaven).

Demam K-Pop juga dapat dari lihat dari antusiasnya masyarakat Indonesia dengan konser boyband asal Korea Selatan, Super Junior. Super Junior yang lebih akrab dipanggil Suju ini berhasil membuat para remaja atau ELF Indonesia seperti orang yang tidak terkontrol. Demi menonton konser Suju banyak ELF yang rela melalukan apapun seperti, menjual handphone, menginap ditempat pembelian tiket bahkan banyak ELF putri pingsan saat mengantri pembelian tiket tersebut.
Entah kenapa Indonesia hanya sekedar ikut-ikut atau memang merupakan sebuah trend baru. Sehingga saat ini K-Pop sangat tengah diminati atau digandrungi oleh masyarakat Indonesia.
Kalau melihat pengaruh musik Korea yang begitu pesat, saya jadi bertanya dalam hati, apakah orang Indonesia hanya bisa meniru gaya orang lain? Kenapa anak muda Indonesia tidak bisa membuat musik yang bisa membius orang lain, sepeti Korean Pop! Padahal kalau dilihat dari talenta, Indonesia juga tidak kalah bagusnya di bandingkan dengan musik Korea asli. Saya berharapnya, bahwa suatu saat nanti musik Indonesia bisa melebihi kepopuleran musik korea.