Teknologi

Lima Besar Vendor Kuasai 80% Pasar Smartphone Indonesia

Lima Besar Vendor Kuasai 80% Pasar Smartphone Indonesia

Lima Besar Vendor Kuasai 80% Pasar Smartphone Indonesia

Lembaga riset Canalys mengungkapkan pada kuartal keempat 2018

, pengiriman smartphone Indonesia mencapai 9,5 juta unit, tumbuh 8,6% dari periode sama 2017.

Pertumbuhan yang cukup tinggi di kuartal terakhir itu, menggenapi jumlah permintaan sepanjang 2018. Menjadi total 38 juta unit. Ini adalah rekor baru, karena terdapat kenaikan hingga 17,1% dibandingkan periode 2017.

Dengan serapan sebanyak itu, Canalys menyebutkan bahwa pasar domestik kini telah pulih total dari titik terendah di 2016 (pertumbuhan tahunan -3,3%) dan 2017 (pertumbuhan tahunan 0,6%), sebagai dampak dari diberlakukannya kebijakan TKDN untuk vendor smartphone.

“Pasar smartphone Indonesia berada di puncaknya,

” kata Rushabh Doshi, Manajer Riset Canalys.

Perkembangan pesat di penjualan online memicu pertumbuhan, seiring konsumen sehat yang bergairah untuk upgrade smartphone. Pada saat yang sama, merek-merek baru bergabung ke pasar.

Dengan berkaca pada pencapaian sepanjang 2018, Canalys menyimpulkan, Indonesia telah kembali ke daftar atas pasar smartphone yang terus tumbuh. Dipicu oleh lingkungan relatif stabil (peraturan dan sosial) dibandingkan dengan pasar negara berkembang lainnya.

Menurut perusahaan riset yang berbasis di Hong Kong itu, pasar Indonesia

tumbuh secara konsisten sepanjang 2018, meskipun momentum sedikit melambat menjelang akhir tahun karena pelemahan rupiah terhadap dollar AS dan persaingan ketat brand-brand yang memicu penurunan harga.

Namun secara umum, kinerja Indonesia jauh lebih baik dibandingkan negara-negara lain di wilayah Asia Tenggara. Indonesia hanya kalah oleh India yang tumbuh fenomenal.

 

Sumber :

https://dunebuggyforsale.org/