Pendidikan

Media Massa Juga Guru

Media Massa Juga Guru

Media Massa Juga Guru

Media harus mampu memberikan informasi yang mendidik, akurat, dan bisa dipertanggung jawabkan. Karena, media juga secara tidak langsug bisa menjadi guru. Demikian dikatakan Kepala SMK Islam Al-Amin, Cikarang Utara, Mimmi Arianti pada Hari Pers Nasional, kemarin.

Menurutnya, media massa telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Media massa telah banyak berkontribusi memenuhi kebutuhan masyarakat akan berbagai macam informasi.  Namun, hal tersebut perlu diimbangi dengan kualitas informasi yang baik.

“Karena dari informasi yang baik, masyarakat juga akan dapat manfaatnya. Jangan sampai media massa men-publish berita-berita yang kurang baik,” kata Mimmi.

Media massa juga, lanjut Mimmi, harus bisa mengedukasi masyarakat, khususnya untuk para pelajar. Menurutnya, media massa, baik lokal maupun nasional, selama ini telah banyak berkontribusi dalam hal itu.

“Iya, media massa, kan, sebenarnya ‘guru’ juga. Konten-konten yang ditulis di media massa

bisa menjadi pelajaran dan pengetahuan untuk pelajar. Menurut saya, hal ini harus terus dikembangkan,” tutur Mimmi.

Sementara itu, salah seorang siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK

Islam Al-Amin Aizza Salma, mengatakan selain memberikan informasi kepada masyarakat, konten-konten yang ada di media massa juga bisa dijadikan sebagai media untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam proses belajar-mengajar di sekolah

“Saya suka, sih, baca-baca berita di media online. Saya suka baca tentang (rubrik) sejarah. Karena memang suka sama sejarah. Jadi bisa menambah wawasan juga,” kata Aizza.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/