Teknologi

Mengenal ChatAja, Platform Chatting Buatan Developer Indonesia

Mengenal ChatAja, Platform Chatting Buatan Developer Indonesia

 

Mengenal ChatAja, Platform Chatting Buatan Developer Indonesia

Mengenal ChatAja, Platform Chatting Buatan Developer Indonesia

Saat ini, penggunaan aplikasi percakapan (chat) sudah tak bisa terelakkan. Banyak orang, bahkan perusahaan, kini

menggunakan aplikasi chat untuk meningkatkan komunikasi instan jarak jauh.

Rata-rata aplikasi yang digunakan itu berbasis di luar negeri. Meski demikian, pengembang dalam negeri juga ada yang menawarkan sejumlah aplikasi serupa. Salah satunya adalah ChatAja.

Platform ChatAja merupakan salah satu aplikasi hasil karya anak bangsa yang dipelopori oleh Reza Akhmad Gandara dan telah dirilis dalam versi beta sejak tahun 2019.

Berawal dari keluhan sejumlah orang soal besarnya kapasitas aplikasi chat seperti Whatsapp, Reza berinisiatif

mengembangkan ChatAja. Penggunaan ChatAja diklaim lebih ringan daripada aplikasi sejenis lainnya.

Berbekal penyimpanan data berbasis cloud, aplikasi ini memungkinkan seluruh data percakapan disimpan pada server milik ChatAja yang 100 persen berbasis di Indonesia.

ChatAja diklaim tidak memberatkan memori ponsel penggunanya karena metode penyimpanan cloud yang bersifat virtual. Jadi, tidak memakan tempat. Data yang tersimpan pun relatif lebih aman dan dapat diakses kapan saja, bahkan ketika riwayat percakapan dihapus.

Selain itu, ChatAja juga bisa berfungsi secara multiplatform tanpa harus terkoneksi dari aplikasi utama yang ada pada perangkat ponsel seseorang.

Dengan kata lain, pengguna dapat menggunakannya via web di laptop hanya dengan memasukkan nomor ponsel yang telah terdaftar di aplikasi tersebut. Hal itu bisa dilakukan meski ponsel tidak terhubung dengan internet.

Pada awal 2020, ChatAja baru saja resmi meluncurkan versi terbaru: Official Release, yang didukung dengan penambahan fitur seperti stiker gratis, mention dan kapasitas lebih ringan.

Selain itu, versi terbaru ini juga memiliki fitur “Jelajah” yang berisikan sejumlah channel dan official account untuk

mengakomodir sejumlah kebutuhan, misalnya Simply, yang berfungsi sebagai tempat curhat.

Ada pula sejumlah akun official yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti berwisata, belanja, informasi seputar event, portal berita dan masih banyak lagi.

ChatAja bisa diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Khusus pengguna ChatAja versi beta, sebelum menginstal versi official, disarankan menghapus terlebih dahulu versi lama aplikasi ini.

Sumber:

https://ironmanfactory.com/jasa-penulis-artikel-seo/