Pendidikan

Penggolongan Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Penggolongan Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Penggolongan Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Kebutuhan menurut intensitas atau tingkat kepentingan terdiri atas kebutuhan Mutlak, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

1) Kebutuhan Mutlak

Kebutuhan mutlak merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dan harus terpenuhi. Contoh kebutuhan mutlak antara lain adalah udara.

2) Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi manusia agar untuk dapat hidup secara layak. Kata primer sendiri berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Secara umum kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan; atau makanan, pakaian, dan rumah.

3) Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer terpenuhi. Adapun kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua. Contoh kebutuhan sekunder, yaitu meja, kursi, lemari, sepatu, tas, sisir, kaos kaki, buku, pensil, televisi, radio, tempat tidur, dan kendaraan. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dalam rangka mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.

4) Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata ter-tius, yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan mewah atau lux. Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan prestise atau kebanggaan di mata masyarakat. Contoh kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, mobil mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah. Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. Bagi masyarakat kota, radio, televisi, kulkas, dan komputer merupakan kebutuhan sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedalaman terpencil, benda-benda tersebut merupakan kebutuhan tersier. Selain itu, untuk orang-orang dengan pekerjaan tertentu, komputer bukan merupakan kebutuhan sekunder, melainkan merupakan kebutuhan primer.


Sumber:

https://www.kuliahbahasainggris.com/