Umum

Penjelasan Tentang 10 Bentuk Potongan Berlian

Penjelasan Tentang 10 Bentuk Potongan Berlian

Penjelasan Tentang 10 Bentuk Potongan Berlian

1. Round Cut

Round (bulat) adalah potongan berlian yang paling populer sejak tahun 1919. Sekitar 75% dari semua berlian yang dijual adalah varietas ini. Biasanya berlian ini memiliki harga 25-35% lebih tinggi daripada potongan berlian lainnya. Hal ini dikarenakan permintaan berlian ini tinggi dan ketersediaan hasil dari batu berlian ini yang sedikit. Potongan jenis ini mampu memantulkan cahaya dengan tepat sehingga  memaksimalkan kilau pada berlian.

2. Princess Cut

Potongan berlian princess cut dikenal pada tahun 1980. Bentuk berlian princess adalah bentuk berlian yang populer untuk cincin tunangan. Bentuk berlian ini cukup unik, terlihat seperti persegi. Batu berlian ini sedikit lebih murah daripada berlian round karena berlian princess dibuat dari setengah atau separuh berlian bulat.

3. Cushion Cut

Cushion Cut adalah potongan berlian persegi dengan sudut membulat. Berlian ini telah ada selama 200 tahun. Bagi Anda yang ingin tampil klasik cocok memilih potongan berlian jenis ini.

4. Emerald Cut

Potongan berlian ini begitu istimewa! Emerald  mungkin menjadi potongan bentuk berlian paling unik yang pernah ada. Hanya 3% dari berlian di dunia adalah bentuk emerald. Tampilannya yang vintage dan berbeda terlihat begitu cantik. Tidak heran, bentuk berlian yang dramatis dan glamor ini menjadi favorit Sang Ratu Perhiasan, Elizabeth Taylor. Selain itu, emerald  dengan potongannya yang khas terlihat lebih besar dibanding bentuk berlian lainnya.

5. Asscher Cut

Nah, potongan berlian ini sangat mirip dengan berlian emerald. Sesuai dengan namanya “Asscher” berlian ini diciptakan oleh Asscher bersaudara pada tahun 1902. Berlian ini kembali populer pada tahun 1920 yang sebagian besar ada di toko-toko antik. Bagi Anda yang menyukai hal-hal berbau vintage bisa memilih bentuk batu ini, lho!

6. Radiant Cut

Radiant cut adalah potongan berlian yang terkenal pada tahun 1980-an. Bentuk potongan ini mempertemukan antara potongan princess cut dan cushion cut. Memiliki tampilan yang sangat modern dan populer hngga kini. Anda yang tampil stylish tentu akan memilih bentuk berlian yang satu ini.

7. Oval Cut
Berlian oval pertama kali diciptakan pada tahun 1960-an. Hampir mirip, seperti berlian bulat, tetapi memberikan ilusi ukuran yang lebih besar. Berlian ini miliki kecemerlangan yang sama dengan berlian bulat, lho! Jika Anda memiliki tangan yang kecil atau jari yang pendek cocok memilih bentuk berlian ini karena mampu memberi ilusi lebih panjang.

8. Marquise Cut
Potongan berlian yang memanjang dengan ujung yang meruncing ini dibuat khusus untuk King Louis XIV. Pada masa itu, Raja Prancis, Louis XV, menginginkan sebuah berlian dengan bentuk yang menyerupai senyuman selirnya tersebut. Anda yang ingin tampil mewah bisa mengenakan bentuk berlian ini, sebab akan memberi ilusi ukuran berlian yang lebih besar.

9. Pear Cut
Pear cut merupakan kombinasi antara potongan oval dan marquise. Keunggulan dari potongan ini memiliki titik kerucut di satu ujung dan memberikan ilusi agar jari penggunanya terlihat lebih ramping.

10. Heart Cut
Sesuai dengan tampilannya yang terlihat manis, potongan berlian ini dibuat khusus mewakili isi hati. Biasanya bentuk ini digunakan untuk cincn dan liontin. Kesan yang didapat dari potongan berlian hati ini begitu emosional, sensitif, dan romantis. Karena itu, Anda bisa memberikan bentuk berlian ini untuk sang kekasih.


Baca Artikel Lainnya: