Pendidikan

Sebelum KBM, Siswa SMPIT El Makmur Wajib Baca Alquran

Sebelum KBM, Siswa SMPIT El Makmur Wajib Baca Alquran

Sebelum KBM, Siswa SMPIT El Makmur Wajib Baca Alquran

SMP Islam Terpadu (SMPIT) El Makmur memiliki kebiasaan rutin setiap pagi

. Sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), setiap siswa dibiasakan membaca Alquran terlebih dulu. Kepala SMPIT EL Makmur, Andri, mengatakan, kebiasaan ini untuk meningkatkan keimanan siswa.

”Setiap pagi usai upacara siswa-siswi SMPIT El Makmur membaca Alquran bersama-sama selama 15 menit yang dipimpin seorang siswa secara bergantian,” katanya. Andri melanjutkan, kebiasaan membaca Alquran menjadi ciri khas SMPIT El Makmur sebagai sekolah yang memberikan pembelajaran Alquran.

“Dari jam 07:30 sampai jam 08:50 WIB, KBM Alquran ini dilaksanakan jelang pembelajaran

mata pelajaran umum dimulai. Kegiatan ini yakni membaca dan mengulangi hafalan Quran serta menambah hafalan Quran baru bagi para siswa,” terangnya. Andri menjelaskan, tiga bulan sekali pihaknya melaksanakan tasyakuran, di mana para siswa akan mengucapkan hafalan Alquran di atas panggung.

Para siswa juga akan ditonton orang tua dan undangan lainnya. Bagi siswa-siswi yang terbanyak menghafal Alquran,

maka akan memperoleh penghargaan dan sertifikat. “Orang tua dan undangan boleh mengetes kemampuan hafalan Alquran siswa, dengan menguji benar apa tidaknya siswa tersebut dalam menghafal surat yang dibawakannya,” urainya.

Kepada para siswa, pihaknya akan memberikan sertifikat. Selain sebagai bukti bahwa siswa itu mampu menghafal Alquran, siswa juga dibekali sertifikat sebagai tanda bukti untuk ke jalur prestasi. “Kami berharap orang tua bangga atas prestasi anakanaknya yang telah hafal Alquran,” katanya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GQ6JCYN