Teknologi

Ternyata Kopi Luwak Sangat Berbahaya Untuk Komputer

Ternyata Kopi Luwak Sangat Berbahaya Untuk Komputer

Ternyata Kopi Luwak Sangat Berbahaya Untuk Komputer

Bagi anda pecinta minuman kopi, nama salah satu jenis kopi asal Indonesia ini mungkin sudah tidak lagi asing terdengar di telinga Anda.

Namun tahukah anda, meski rasanya nikmat ketika diolah menjadi minuman kopi, namun nama Kopi Luwak justru di takuti oleh pengguna komputer di seluruh dunia.
Muat Lebih

Waspada, Malware Trojan Shopper Intai Para Pembeli OnlineWaspada,

24 Aplikasi Android Ini Terjangkit Malware JokerWaspada, Game Online Ini Bisa Curi Password Pengguna Android

Pasalnya, nama jenis kopi yang berasal dari Indonesia ini adalah merupakan salah satu jenis varian malware yang cukup berbahaya saat ini.

Sebuah grup peretas bernama Turla, yang menurut kabar adalah sebuah grup hacker bentukan Pemerintah Negara Rusia, terinspirasi menamai malware buatan mereka dengan nama salah satu jenis kopi langka asal Indonesia tersebut.
Baca Juga : Hati-Hati, Malware Android Terbaru Ini Bisa Merusak Smartphone Anda

Kopi Luwak diidentifikasi sebagai malware yang dirancang

untuk melakukan pengintaian sistem dan jaringan.

Varian terbaru dari malware Kopi Luwak saat ini, menurut para peneliti dan ahli keamanan digital dari Kaspersky Lab merupakan evolusi dari malware sejenis yang ditemukan pada 2016 silam.

“Turla adalah organisasi yang berkemampuan tinggi, memiliki banyak sumber daya, dan telah beraksi sejak lama” jelas Kurt Baumgartner, peneliti dari Kaspersky Lab dalam sebuah acara Virus Bulletin 2018 yang berlangsung di Montreal, Kanada, beberapa waktu lalu.

Cara kerja malware Kopi Luwak ini terbilang cukup unik. Mereka mengirimkan dokumen yang berisi malware dengan macro diaktifkan dan menggunakan malware Javascript baru yang disamarkan.

Baca Juga : Gawat, Perusahaan Asal Israel Ini Klaim Bisa Meretas Semua Type iPhone

 

Saat berhasil menyusup ke komputer korban, mereka berubah menjadi sebuah alat atau backdoor yang bertugas sebagai pengintai sistem dan jaringan.

Malware Kopi Luwak ini, cukup berbeda dengan malware lain pada umumnya yang mengandalkan komunikasi ke Command-and-Control (C&C), serangan malware Kopi Luwak ini justru hanya bisa diatur dengan menggunakan email.

 

Baca Juga :